Pengertian Phrasal Verbs Dalam Bahasa Inggris

Secara sederhana, dapat kita pahami phrasal verbs adalah sebuah frasa atau kata ungkapan yang terbentuk dari dua kata atau lebih antara kata kerja (verbs) dengan kata particle lain nya yang biasanya berupa kata keterangan (adverb) atau dengan kata depan ( preposition ) yang maknnya bisa menjadi sebuah kata kerja perbuatan.  

Phrasal verbs biasanya sering dipakai dalam bentuk kalimat informal ( tidak resmi ), So, saya tidak sarankan untuk banyak dipakai dalam kalimat yang tujuan nya untuk penulisan akademik (academic writing) seperti IELTS maupun TOEFL. karena phrasal verbs sering nya dipakai dalam dialog sehari-hari seperti dalam percakapan dengan teman, rekan kerja, guru, yang sifat nya tidak terlalu formal.

Ada banyak bentukan kata phrasal verbs di dalam bahasa Inggris, namun di pembahasan ini saya hanya mencontohkan 10 Phrasal Verbs bahasa Inggris yang sering dipakai dalam dialog.

WAKE UP

arti nya bangun atau membangunkan seseorang ( dari tidur ). Ada kata yang sama secara arti dengan kata wake up ( bangun ) ini yaitu kata get up ( bangun ) maksud nya adalah bangun dari tempat tidur, atau bangun dari posisi duduk menjadi berdiri.

Contoh kalimat :

I always wake up at  seven every morning. 

She gets up from her chair to announce the memo to everyone.

Go Off

Ada banyak arti ketika menggunakan kata go off , ketika kita menggunakan kata ini hubungannya dengan alarm atau alat peringatan lainnya, kata go off  bermakna bunyi atau nyala.   Sedangkan jika yang dimaksudkan adalah lampu atau mesin, kata go off  tadi bermakna mati.

Contoh :

The coffee machine goes off suddenly when it’s operated. 

Dress Up

Kata frasa ini bisa bermakna berdandan atau berpakaian dengan pakaian yang bagus atau khusus. Kata ini juga sering digunakan dalam dialog sehari-hari.

contoh : 

Why did you dress up so long? We’re gonna be late.

I have to dress up right now before I meet him. 

Cheer Up

artinya menghibur. Contoh nya dalam kalimat “Helen is sad now. Let’s cheer her up !”.

Come in 

artinya masuk. Ada banyak frasa kata kerja ( phrasal verbs ) yang menggunakan awalan kata kerja ‘come’ seperti come in, come up ( muncul), come back (kembali), dsb. Contoh kalimat :

“Come in !. There’s something I wanna show you”.

Drop by

artinya mampir/singgah. Kata frasa ini bisa dipakai dalam contoh kalimat berikut :

He drops by to that shop for couple minutes to buy some drinks

Fall apart

artinya hancur/cerai (berai).  Pada frasa ini bisa digunakan yang berhubungan dengan benda atau keadaan.  Contoh kalimat nya :

Every time Reno gets angry, he always falling all things apart near him. 

Give in

artinya mengalah, contoh kalimat :

Because of his fault, he thought he have to giving in for public 

Hand in

artinya mengumpulkan/menyerahkan, contoh kalimat :

They think Mr. Anderson will hand in the assignment on that day. But, he forgot about that.

Hang out

artinya nongkrong, main. Contoh kalimat yang digunakan :

Jenny is not a kind of  girl who likes hang out at the mall, she prefers to stay home with her family.

Demikian penjelasan singkat mengenai phrasal verbs ini, semoga dapat memberikan pengetahuan bagi anda yang saat ini sedang mencari tahu apayang dimaksud Phrasal Verbs. Saya akan memposting contoh kata-kata frasa kata kerja ( phrasal verbs ) lainnya pada pembahasan selanjutnya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Please Share This Post If You Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya