Irregular Verbs dan Regular Verbs di Simple Present Tense

Apa yang di maksud dengan Irregular Verb dan Regular Verb ? Mungkin anda pernah mendengar dengan kedua istilah yang di cetak tebal tersebut. Namun tahukah anda apa yang dimaksud dari kedua istilah tersebut ? Bagi anda yang mengerti tentang tata bahasa ( grammar) bahasa Inggris tentunya tidak asing dengan kedua istilah tersebut, namun bagi yang belum menguasai atau mengerti grammar bahasa Inggris tentunya merasa bingung atau bahkan tidak mengerti dengan istilah tersebut. Melalui penjelasan di bawah ini, kami berharap anda bisa mendapatkan penjelasan tentang kedua istilah tersebut.

Apa itu Irregular Verb ?

Irregular Verb secara arti bermakna Kata Kerja Tidak Beraturan. Yaitu kata kerja jenis Main Verb ( lihat penjelasan tentang Main Verb ) dimana mengalami perubahan baik secara bentuk penulisan kata maupun dalam pengucapan kata nya.


Contoh :

Present           Past              Past Participle
    V1                  V2                        V3
Drink                Drank              Drunk
See                    Saw                  Seen
Fly                     Flew                Flown
Cut                    Cut                  Cut


Contoh lain :

Keterangan :
Pada bagian jenis kata Irregular verbs terdapat perubahan kata yang cukup banyak baik tulisan kata-katanya maupun pengucapannya. 

Sedangkan pada Regular verbs, perubahan penulisan kata-kata dan pengucapannya tidak terlalu banyak. Ciri utama pada jenis kata kerja ini yaitu pada bentuk past ( bentuk lampau ) dan past participlenya ( kalimat perfect ) hanya ditambahkan akhiran -ed pada kata kerjanya. Contoh :


Play/s     Played       Played
V1            V2               V3

Kedua Jenis kata kerja ini selalu di gunakan pada dua jenis kalimat di dalam bahasa Inggris, yaitu :


1. Kalimat Verbal biasa : kalimat yang menginformasikan tentang kegiatan atau perbuatan pada kalimat. Jenis kalimat ini menggunakan kata kerja bentuk  Irregular verb dan Regular Verb.


2. Kalimat Verbal dalam bentuk Continuous : kalimat yang menggunakan kata kerja Irregular Verb dan Regular Verb berakhiran -ing dan menggunakan kata kerja bantu to be  ( is,am,are,was,were, be, dan been ).

 Contoh :
She is creating a sculpture 
Dia sedang membuat sebuah ukiran

Ket : creating adalah penggabungan kata kerja Create ( membuat/menciptakan) dan ditambah akhiran ing.

Sedangkan kata is adalah jenis kata to be.

Kesimpulan

Kita menggunakan kata kerja jenis irregular dan regular verbs untuk di pakai di dalam kalimat verbal yaitu kalimat yang menginformasikan adanya suatu aktivitas atau perbuatan saat kalimat tersebut disampaikan. Dimana jenis kalimat ini bisa dibuat dalam bentuk verbal biasa dan juga bisa dibuat dalam kalimat yang menyatakan sedang (continuous) yaitu menjelaskan sesuatu yang dibicarakan sedang terjadi atau sedang dilakukan. Untuk bentuk kalimat Simple Present Tense selalu menggunakan kata kerja bentuk waktu present ( infinite ) baik irregular maupun regular di dalam kalimatnya. 

kamu juga bisa melihat pembahasan Simple Present Tense pada video berikut :

Please Share This Post If You Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya